Rabu, 15 April 2015

Teori-Teori tentang Laporan

Fungsi Dasar Teori

Dasar teori dalam sebuah laporan atau karya ilmiah memiliki beberapa fungsi,diantaranya :

- Dalam Penelitian yang menggunakan metode kuantitatif,dasar teori berfungsi sebagai bahan atau objek yang diuji.Biasanya penelitian metode ini menggunakan satu atau beberapa teori untuk diuji dengan tujuan untuk membuktikan apakah sebuah teori masih relevan digunakan atau tidak.

- Dalam penelitian yang menggunakan metode kualitatif, dasar teori berfungsi sebagai tongkat acuan dalam penelitian. Hal ini karena tujuan dari penelitian yang bersifat kualitatif adalah untuk mengembangkan teori-teori yang telah ada.

- Dasar teori juga dapat berfungsi sebagai acuan bagi peneliti untuk menyusun sebuah kerangka penelitian. kerangka pemikiran berisi pemikiran-pemikiran peneliti berdasarkan konsep maupun fakta yang ditemukan di lapangan.

- Dasar Teori digunakan untuk membantu peneliti dalam menjawab permasalahan yang berkaitan dengan penelitianya yang terdapat di lapangan.

Unsur-Unsur dalam Dasar Teori

Setelah memahami apa itu dasar teori dalam laporan,kita juga perlu mengetahui apa saja yang menjadi unsur penyusun sebuah dasar teori. Dasar teori pada prinsipnya bertujuan untuk mengkaji tentang teori-teori yang berhubungan dengan penelitian yang sedang dikerjakan.

Dalam landasar atau dasar teori biasanya terdiri dari unsur-unsur sebagai berikut :

- Bahasan Teori
yaitu membahas teori-teori yang akan digunakan sebagai acuan dalam laporan atau penelitian

- Kerangka Keilmuan atau Pemikiran
 setelah membahas apa saja teori yang mendasari penelitian,langkah berikutnya adalah membuat argumentasi atau kerangka pemikiran.Unsur ini disusun dari hasil pemikiran peneliti atau penulis

- Ajuan Hipotesis

Unsur lainya dalam dasar adalah ajuan hipotesis. Hipotesis ini merupakan anggapan atau praduga sementara dari peneliti terhadap masalah terhadap objek permasalahan dalam penelitian yang harus diuji dan dibuktikan kebenaranya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar